MENINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT MELALUI LATIHAN TAKTIS TINGKAT PELETON DI GUNUNG SINDUR

  

  

 

Profesional bermakna kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan dari seorang pekerja. Dari makna professional diatas tentunya seorang prajurit harus berkompetent terhadap jabatan yang diembannya termasuk memahami peran dan tanggungjawab serta tugas-tugasnya sesuai dengan jabatannya tersebut.

Demi mewujudkan hal tersebut tentunya telah diatur sedemikian rupa program latihan yang tertuang dalam kalender latihan batalyon yang bertahap, bertingkat dan berlanjut. Setelah melewati rangkaian tahapan latihan perorangan tentunya latihan akan meningkat dari regu hingga peleton, hal ini melatih anggota untuk mengetahui peran dan fungsi dalam lingkup satuan yang lebih besar. Dalam latihan tingkat peleton, seorang Komandan Peleton harus bisa bekerjasama dan berlatih secara terorganisir dengan baik bersama anggota peletonnya.

 

 

   

Latihan taktis tingkat peleton merupakan bagian dari latihan tingkat peleton sebelum diakhiri dengan Uji Siap Tempur tingkat peleton yang mana latihan ini menggunakan metode drill yang dapat diulang jika melakukan kesalahan. Dalam latihan taktis tingkat pleton kali ini dilaksankan di daerah latihan Gunung Sindur kabupaten bogor, medan kali ini termasuk baru karena belum pernah digunakan latihan dengan menggunakan maneuver tank. Adapun materi yang dilaksanakan yaitu materi Operasi Militer Perang meliputi Serangan, pertahanan, dan aksi hambat.